TOP

Tips Agar Blog Baru Mudah Terindex oleh Google

Sebelumnya saya minta maaf dulu nih kalau misalnya saya ada salah salah saat memostingkan konten ini. Jadi begini, bagi blogger pemula, pasti berpikir "Bagaimana ya supaya blog saya bisa terindex di google, supaya artikel di blog saya bisa dikunjungi banyak orang di Indonesia maupun Dunia?"...
Saya yakin, bukan hanya pemula saja yg berpikir demikian, karena kita tau, orang-orang seluruh dunia jika mencari informasi apa saja pasti di Google.com.

Yang saya tau, blog yang baru, sebelum ke index di google, blog baru tersebut masuk dalam penjara dunia maya, istilahnya Sandbox gitu. (ini menurut saya yah, kalau memang salah, mohon diberitahu ke saya kebenarannya.. :D ) Kitapun tidak akan pernah tau kalau blog kita masuk ke Sandbox gitu, tapi biasanya blog blog baru pasti masuk. Nah, selama blog baru itu masih ada di area internet Sandbox selama kurang lebih 3-5 bulan kalau tidak salah, kita harus banyak banyak mempromosikan blog kita ke orang lain, ke social networking, submit ke direktori, perbanyak postingan, agar blog kita bisa keluar dari jeruji Sandbox dan menjadi lebih terkenal di google.

Kali ini saya memberitahu tips bagaimana agar kita bisa terindex di google. Berikut tips tipsnya, harap disimak dan dipelajari yah :

1. Submit link ke google.com/addurl.
Men-submit link blog kita ke google sama saja mengajukan link blog kita untuk di crawl oleh spider google. Tetapi, google tidak akan langsung meng-crawl blog anda sesaat setelah anda mengklik submit. Mengapa? karena ada banyak blog atau website yang mengantre untuk di crawl oleh spider google. Dengan cara ini, blog anda akan terindex dalam waktu 1-2 minggu atau bahkan berbulan-bulan. Cara untuk mempercepatnya, silahkan baca poin selanjutnya. Sebagai pengetahuan saja, dulu saya pernah melakukan pengujian terhadap blog baru saya, saya mencoba untuk tidak men-submit link blog saya ke google. Dan besoknya saya cek di google, ternyata blog saya sudah terindex. Sungguh tidak pernah saya duga blog saya tersebut dapat terindex kurang dari dua hari. Mungkin dewi fortuna berpihak pada saya. hehe.
2. Daftarkan blog ke google webmasters tools.
Salah satu cara yang saya lakukan pada saat saya bereksperimen dengan blog baru saya adalah dengan mendaftarkan blog ke google webmasters tools. Saya rasa, dengan mendaftarkan blog ke google webmasters tools akan mempercepat pengindeksan dari google. Dengan syarat pada poin selanjutnya. hehe
3. Mensubmit sitemap blog ke google webmasters tools.
Belum sempurna rasanya jika mendaftarkan blog ke google webmasters tools tanpa men-submit sitemap blog kita. Sebab, sitemap sangat dibutuhkan oleh spider google, di dalam sitemap tersebut berisi denah blog kita, yang akan mempermudah spider google dalam manjelajahi blog kita.
4. Berburulah backlink sebanyak-banyaknya.
Baclink sangat penting dalam mempercepat pengindeksan blog anda. Mengapa? karena spider google menjelajahi jagat internet ini dengan berpindah dari satu link ke link yang lainnya. Jadi kesimpulannya, blog anda akan semakin sering dikunjungi oleh spider google. Dengan begitu blog anda akan cepat terindex oleh google.
5. Isi blog anda dengan tulisan asli/original
Semakin hari spider google semakin manusiawi saja. Si laba-laba itu sekarang sudah bisa mendeteksi kejahatan hak cipta seperti copy paste artikel milik blog lain. Jadi, jika ingin blog anda cepat terindex oleh google. Jangan mengcopas mentah-mentah artikel blog lain. Minimal ubah sedikit isinya. Dan jangan lupa untuk mencantumkan link dari blog yang anda copas artikelnya.

Demikaian tips tips dari saya, saya yakin bila anda mengikuti tips-tips di atas, pasti blog anda bisa terindex oleh google, tapi saya tidak menjamin blog anda akan cepat terindex oleh google. Semuanya butuh proses dan waktu, tidak ada pekerjaan didunia ini yang dapat menghasilkan sesuatu dengan cepat, kecuali mencuri, korupsi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan jalan setan. Terima Kasih..



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar