TOP

Pengertian dan Dasar Dasar SEO (Search Engine Optimatization)

Apa Itu SEO?Search Engine Optimatization atau SEO mempunyai telah diartikan secara berbeda untuk berbagai kalangan. Jika diartikan secara sederhana, maka SEO diartikan sebagai semua hal yang berhubungan dengan taktik dan strategi yang digunakan dalam mendesign website, agar website tersebut mendapat rangking yang tinggi di search engine. Taktik dan strategi ini biasanya diartikan dengan cara memperbaiki website tersebut, dengan cara melibatkan element-element design dan content

Begitu deh kire-kire pengertian nyang ane dapet dari paragraph pembuka, pada bagian Intro di buku SEO-ini. Kalo kite perhati'in dari kate-kate ntu, sepertinye masalah SEO ini banyak sangkut pautnye ame design mendesign web, betul begitu? Waduh berabe neh, berarti kite kudu tahu bagaimana cara mendesign web, berarti kite kudu belajar web design dong.
Dan sepertinye bukan ntu aje, bukan hanya sekedar tahu bagaimana cara mendesign web aje, selain tahu cara mendesign web, sepertinye kite kudu tahu design web seperti apa yang bisa memberikan rangking yang tinggi di search engine. Repot juge ye SEO ntu ternyate, betul kaga neh sodare-sodare? Tapi ape cuma ntu aje? Jangan senang dulu sodare, coba kite denger lagi kelanjutannye...
Berikut ini paragraph lanjutannye... SEM atau Search Engine Marketing, bukan hanya sekedar tentang SEO. Saat kita membicarakan mengenai SEM, berarti kita juga membicarakan mengenai PPC atau Pay Per Click Adverstising. Search Engine Marketing adalah tentang melakukan semua hal yang diperlukan, untuk memastikan bahwa rangking situs mu di halaman hasil pencarian search engine, akan setinggi yang engkau inginkan.
Mampus lo, apa'an lagi tuh SEM atau Search Engine Marketing? Apa'an lagi tuh yang dimaksud dengan PPC atau Pay Per Click Advertising? Makin ribet aje nih cerite SEO-nye, ape kaga ade yang gampang-gampang aje? Yang kaga usah pake design mendesign, SEM menge-SEM, atawa PPC-PPC-an segale?
Ato sebaiknye kite urungin aje niat kite mempelajari SEO? Sabar dulu dong brur.... Masih inget cerite kite mengenai Sifat-sifat Orang Gagal? Ape masih kepingin terus-terusan gagal? Ape sodare belon bosen jadi orang gagal? Masih betah ye? Jangan putus ase dulu dong sodare-sodare, tabah aje ye.
Emang sepertinye banyak sekali nyang harus dipelajari mengenai SEO ini. Apelagi kalo saat ini kite baru aje mo mulai, alias masih nol. Tapi ntu bukan alasan untuk mundur bung! Semue orang juge pade dasarnye memulai segalanye dari kaga tahu ape-ape. Ape ade orang nyang begitu lahir langsung tahu rumus-rumus SEO? Ape ade orok nyang begitu lahir langsung bise mendesign web? Ane rase kaga ade tuh. Oke... cukup pesan moralnye, selanjutnye...
Dari paragraph ketige, ade satu harapan yang diberikan oleh si penulis buat kite-kite pade. Ape yang dijanjikan oleh sipenulis buat kite? Die janji melalui bukunya SEO-nya ini, die bakal memberikan kite ape yang disebutnye sebagai The Ultimate Goal of SEM, apa'an tuh? Yaitu untuk mendapatkan traffik yang lebih banyak bagi situs atau blog yang kite punye.
Pegimane carenye? Bagaimana cara meningkatkan traffik untuk blog kite, ntu maksudnye? Yaitu dengan care ntu tadi, meningkatkan rangking blog kite di search engine. Tapi bukan ntu aje satu-satunye care untuk meningkatkan traffik, melalui bukunye ini, si penulis ntu juge bakal memberikan kite cara lain untuk mendapatkan traffik. Care ape nyang dimaksudnye? Yaitu dengan menggunakan Media-media Sosial yang ade di internet.
Social Media atau Media-media untuk bersosialisasi di internet, adalah satu penomena baru yang saat ini sedang berkembang dengan pesat, itu yang kate si penulis buku SEO ini. Dengan memanfaatkan berbagai media untuk bersosialisasi di internet ini, kite sebagai nyang empunya blog, nyang kepingin dapet traffik nyang tinggi buat blog kite, nyang mao berusahe ape aje asalkan dapet traffik, akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dari bebagai media sosial yang ade di internet.
Jika pengguna internet lain, mungkin hanya memandang berbagai media sosial yang ade di internet ntu hanyalah sebagai tempat untuk sharing atau berbagi informasi di internet, maka kite bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari dengan adanya media-media sosial di internet ini.
Selain untuk berbagi informasi dengan pengguna lain yang menurut kita mungkin akan tertarik juga dengan apa yang kita senangi, kita juga bisa mendapatkan hal yang lain. Apa itu? Yaitu traffik, yaitu orang yang datang dan berkunjung ke situs atau blog kite.
Ape ntu bukan nikmat namenye? Temen dapet, traffik dapet, dan moga-moga duit juga dapet. Nah... sodare-sodare... teknik yang menggunaken media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan traffik ini disebut dengan SMM, yaitu singkatan dari Social Media Marketing.
Mengapa si penulis merekomendasikan media-media sosial ini sebagai sarana lain untuk mendapatkan traffik? Dan apa hubungannya dengan SEO, SEM? Pertanyaan yang bagus wahai teman ku.
Begini alasan si penulis, seiring berkembangnya berbagai media sosial di internet, seiring semakin diakui dan diterimanya media-media untuk bersosialisasi di internet ini, maka media-media sosial ini mulai dianggap sebagai salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan oleh pihak-pihak yang bergerak dalam bidang per-search engine-an.
Ntu artinye ape sodare-sodare? Ntu artinye... link-link yang terdapat di dalam media sosial ntu, atau link-link yang berasal dari berbagai media sosial ntu, mulai diakui dan ikut diperhitungkan oleh search engine. Ntu artinye link-link ntu ikut memberikan kontribusi, ikut memberikan sumbangsihnye bagi rangking blog atau situs kite di search engine. Ntu alasannye sodare-sodare...
Mulai saat ini, mulai sekarang, ente kudu melangkah lebih cepat, jauh lebih cepat dari orang-orang lain. Ntu yang dikatakan oleh si penulis. Ape maksudnye? Maksudnye, melalui buku SEO-nya ini, die ingin kite menjadi orang yang punya teknik dan cara pendekatan SEO yang berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Die ingin memisahkan kite dari kerumunan, die ingin kite tampil beda. Maksud lo?
Jika orang lain banyak melakukan care-care yang same dalam usahanye meng-SEO-kan situs atawa blognye, maka bukan berarti kite juge harus ikut-ikutan melakukan care yang same, ntu kate si penulis. Dengan melakukan care yang berbeda dalam urusan SEO, maka akan memberikan hasil yang berbeda pula, hasil yang jauh lebih baik tentunya.
Berbeda apenye? Perbedaan yang dimaksud disini yaitu melakukan hal yang sama, namun dengan cara yang berbeda. Misalnye? Ntulah gunanye buku SEO-ini. Melalui buku SEO-ini, die bakal nujukkin kite care ape nyang bisa kite pake buat meningkatkan rangking blog kite di search engine.
Die janji bakal nunjukkin dan ngajarin kite berbagai teknik dan strategi yang sudah teruji. Katenye, kite boleh aje mengikuti semua petunjuk-petunjuk dari berbagai ahli SEO, tapi jangan cuma jadi peniru aje, lakukan dengan care yang berbeda, care yang kaga same dengan orang kebanyakan, kreatif dikit dong... itu pesan si penulis tadi.
Cobalah sesuatu nyang laen dari biasenye. Beda dari biasanya.... Itulah yang menyebabkan mengapa blogging telah menjadi sebuah penomena baru yang menggemparkan dunia per-internet-an. Perbedaan itu juge nyang menyebabkan social bookmarking dan social communities menjadi suatu hal begitu cepat populer. Tampil beda, cara yang beda dari biasanya itu kuncinya. Ok.. cukup intronya, selanjutnya...

Mengapa Kita Harus Membaca Buku SEO-ini?

Nah... sodare-sodare... mungkin diantare kite masih ade yang merasa ragu, takut, minder, dan merasa tidak akan mampu mempelajari SEO. Itu mungkin karena ade diantara kite yang merase tidak mempunyai latar belakang pendidikan yang memadai. Atau mungkin juga karena faktor ekonomi, entahlah, alasan memang mudah untuk ditemukan dan dikemukakan.
Tapi satu hal yang ingin ditegaskan oleh Jerri L. Ledford yang menulis SEO Bible ini, apa'an tu? Katenye, SEO ntu bukanlah untuk mereka yang berhati lemah dan mudah putus asa. SEO hanya untuk mereka yang bersedia, mau, dan ingin melakukan apa saja untuk meng-SEO-kan website ataupun blognya. Ape sebabnya si Jerri L. Ledford ini ampe bilang begitu?
Sebab menurutnya, untuk melakukan SEO itu membutuhkan banyak waktu dan kerja keras. SEO bukan untuk mereka yang ingin serba instant, ingin serba mudah, ingin serba cepat, ataupun ingin serba-serbi lainnya yang sejenis. Satu hal lagi yang tidak dibutuhkan bagi mereka yang ingin mempelajari SEO, apa itu? Profesionalisme. Maksudnya?
Untuk mempelajari SEO, bahkan untuk menjadi seorang konsultant SEO sekalipun, kita tidak harus menjadi seorang SEO profesional. Artinya? Untuk mempelajari dan menguasai SEO, kita tidak membutuhkan sertifikat, pengakuan, ijazah, penghargaan, ataupun birokrasi-birokrasi sejenis lainnya.
Siapapun boleh dan pasti bisa mempelajari teknik-teknik ataupun strategi SEO yang paling jitu, sekalipun die kaga pernah sekolah, kursus, kuliah atau jenis-jenis pendidikan lain yang khusus mempelajari SEO (karena emang kaga ade sekolahannye kali ye?).
Mungkin itu juga yang menjadi penyebab kanape sekarang ini banyak sekali orang yang menobatkan dirinye sebagai konsultant SEO. Sebab ape? Sebab tidak ada aturan khusus, tidak ada standarisasi bisnis yang harus dipenuhi, bagi mereka yang ingin membangun bisnis sebagai konsultant SEO.
Ntu artinye ape sodare-sodare? Itu artinya kita kaga perlu takut, kaga perlu malu, kaga perlu minder, kaga perlu minta ijin ame siapepun untuk mempelajari SEO. Bahkan, kalo kite emang nekat, kite bisa menjadi seorang konsultant SEO dan membuka jasa konsultasi SEO. Dengan begitu, kite bakal dapet duit dari SEO, betul kaga neh sodare-sodare?
Emang sih, kaga semua orang kepingin jadi konsultant SEO. Dan mungkin memang bukan ntu tujuan kite mempelajari SEO, bukan karena kepengen buka bisnis SEO. Kite punya tujuan yang sederhane aje, yaitu kite kepingin jadi konsultant SEO untuk diri kite sendiri. Ntu artinye, kite kaga perlu ngeluarin duit buat membayar seorang konsultant SEO, betul kaga neh sodare?
Nah... untuk tujuan ntulah buku ini dibuat, dan untuk tujuan itulah buku SEO ini kudu kite baca. Yaitu untuk menjadi konsultant SEO bagi diri kita sendiri. Itulah yang menjadi alasan mengapa kita harus membaca buku SEO ini. Dan buku ini akan memberikan semua informasi yang kita butuhkan untuk menjadi konsultant SEO bagi diri kita sendiri, amin.

Bagaimana Buku SEO ini Disusun?

Oke sodare-sodare.... katakanlah saat ini kita mulai sedikit pede, dan mao mempelajari SEO melalui buku ini. Tapi masih ade satu kendale lagi, apa'an lagi sih bang? Yaitu kite merase saat ini kaga tahu ape-ape, alias masih nol, blank. Dan lebih pusingnye lagi, saat kite ingin belajar SEO, kite kaga tahu harus mulai dari mane, dan akhirnye... memble aje, kasian ye kite.
Eh... sodare-sodare... kaga perlu takut, kaga perlu pusing mikirin harus mulai dari mane. Ntu lah enaknye kalo kite belajar dari buku. Sebab ape sodare-sodare? Sebab kalo belajar dari buku ntu, biasanye pelajarannye udah disusun secare berurutan, jadi kaga awut-awutan alias acak-acakkan. Pan enak tuh, kite tinggal baca dan ikutin halaman perhalaman, bab per-bab. Dengan begitu, mudah-mudahan ilmunye jadi nyambung, betul kaga?
Nah... pegimane urusannye dengan pelajaran yang ade di buku ini? Susunan pelajaran yang ade di buku ini adalah sebagai berikut:

Bagian I: Memahami SEO.

Memahami SEO secara benar adalah persiapan awal kite buat menuju medan perang. Saat kite sudah benar-benar memahami SEO secara utuh dan benar, berarti saat ntu bise dibilang kite udah siap setengah langkah buat memasuki arena pertempuran. Dua chapter pada bagian I yang ade di buku SEO ini, akan membantu kite memahami SEO.

Bagian II: Strategi SEO

Strategi SEO yang dimaksud disini yaitu, berbagai cara yang bisa kita terapkan untuk meng-SEO-kan situs ataupun blog kita. Baik perubahan yang akan kita lakukan terhadap situs atau website kite secara langsung, ataupun secara tidak langsung. Chapter 3 akan mengcover faktor-faktor yang harus dipertimbangkan saat kita mulai mendesign website.
Chapter 4 akan mengenalkan kita mengenai keyword dan strateginya. Chapter 5-10 akan membawa kita ke level berikutnya, dalam hal penguasaan keyword. Di chapter 5-10 ini akan menjelaskan kepada kita mengenai Pay Per Click Advertising, dan apa yang bisa diberikan oleh PPC Advertising tersebut bagi pengembangan traffik.
Chapter 11 akan membantu kita memahami bagaimana tag HTML bisa membantu meningkatkan rangking SEO kita. Chapter 12 akan memberikan pandangan mengapa content itu sangat penting dalam strategi SEO. Dan untuk melengkapinya, chapter 13 akan mengajarkan kita bagaimana cara menggunakan link untuk meningkatkan traffik dari search engine.

Bagian III: Optimalisasi Pencarian Strategi

Saat kita sudah menguasai dasar-dasar pencarian strategi, maka saat itu kita sudah bisa mulai meningkatkan teknik-teknik dan strategi tersebut. Tujuannya untuk menarik perhatian yang lebih banyak dari calon pengunjung, dan dari search engine. Pada bagian ketiga ini, kita akan mendapatkan 6 chapter sebagai bahan untuk menambah peluang keberhasilan usaha SEO kite.
Chapter 14 menyertakan informasi mengenai bagaimana cara agar website atau blog bisa di index di search engine. Chapter 15 menekankan pada pay-for- inclusion services. Di chapter 16 akan melihat lebih dekat mengenai berbagai hal yang diinginkan oleh crawler dari search engine.
Di chapter 17 kita akan tahu bagaimana cara menghindari teknik-teknik yang akan mengakibatkan kita dianggap sebagai pelaku spamming. Kalo mengenai sosial media akan dibahas di chapter 18. Sedangkan chapter 19 akan menginformasikan element-element yang bisa dioptimalkan secara otomatis.

Bagian IV: Memelihara SEO

SEO ntu ye sodare-sodare, bukanlah suatu hal yang kite lakukan, dan kemudian lupakan. Kaga bisa begitu sodare-sodare. Saat rangking kite udah setinggi yang kite ingin kan, bukan berarti kite bisa duduk, diem, dan kaga perlu berbuat ape-ape lagi. SEO ntu adalah sesuatu yang perlu dijage dan dipertahankan.
Di chapter 20, kite akan diajarin pegimane carenye membagi waktu buat mempertahankan dan menjage ke SEO-an blog atawa website kite. Nah... di chapter 21 nih, kite akan diajarin bagaimana caranya menganalisa hasil SEO blog kite, dengan begitu kite akan tahu ape-ape aje nyang kudu di perbaikin untuk menjage, bahkan ningkatin lagi ke-SEO blog kite.
Nah... ntu tadi semua hal yang ade didalem buku SEO ini. Pegimane sodare? Masih berminat ngeblog? Masih kepingin cari duit di internet? Masih nafsu untuk ber-SEO-ria?


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

  1. weehhh...ine artikle bages banget ye... tape buet belajer seo ternyate gk gampeng ye.... pusing ne kepale ..... butuh berape lame neh blajer ke gine, bang... ?

Posting Komentar