TOP

Cara Meningkatkan Google Pagerank Blog Anda

Pagerank adalah angka yang digunakan untuk menunjukkan seberapa penting website tersebut di dunia internet terutama di dunia web. Untuk melihat dan menilai popularitas sebuah blog ada 2 indikator utama yang sering dipakai oleh blogger yaitu Alexa Traffic Rank dan Google Page Rank.

Jika dilihat dari angka rangkingnya Pagerank berskala 0-10,smakin besar angka smakin bagus rankingnya,kebalikkannya dengan Alexarank berskala 1- sampai tak terhingga,semakin kecil angkanya semakin bagus rankingnya.
Dari cara penghitungan ranking pagerank lebih berorientasi pada kualitas website dan rajin update web/blog,sedangkan Alexarank lebih pada banyaknya jumlah pengunjung dan pageview (banyaknya halaman yang dilihat oleh pengunjung).

Google memberikan harga Pr pada blog kita didasarkan pada link atau backlink baik yang masuk atau yang keluar dari blog kita. Selain itu juga google memperhatikan nilai SEO sutau blog.
Cara google menghitung nilai PR
Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :
Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) +
Setelah mengetahui fungsi dari pagerank berikut kita akan membahas cara meningkatkan pagerank web/blog agar pagerank blog anda semakin besar.
1. Tulislah artikel yang bagus, berkualitas dan bermanfaat.
Jika artikel anda bagus, berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung blog tentunya mereka akan tertarik kemudian akan mem-bookmark atau mengelink blog anda,dengan demikian anda akan mendapat backlink dari mereka.
2. Tukaran Link (Link Exchange).
Cara ini mudah dan paling banyak dilakukan oleh para blogger untuk menaikkan pagerank mereka.
3. Postinglah artikel yang teratur dan update secara kontinue karena hal ini disukai oleh Google.
4. Buat inbound link.
Saling mentautkan artikel yang relevan di blog anda atau biasanya disebut internal link yaitu link-link yang mengarah ke artikel yang satu dengan yang lain didalam blog anda, ini bertujuan untuk memberikan backlink ke halaman blog anda.
5. Daftarkan blog anda ke blog direktori
Selain mendapatkan backlink cara ini juga dapat meningkatkan trafik blog anda.
6. Blogwalking dan komentar
Setiap kali anda berkomentar diblog lain anda akan mendapatkan backlink terutama diblog yang telah menganut sistem dofollow.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pagerank di Google

Anda dapat mendapatkan Pagerank yang tinggi dengan jumlah back links dari website lain tapi lebih di sarankan untuk memperoleh back links dari website yang sudah mempunyai Pagerank yang lebih dari tinggi dari website anda.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan back links yang berkualitas, salah satu cara yang banyak digunakan saat ini adalah membuat linking dengan site lain, mem-posting di blog atau forum, article marketing, press release dan sebagainya.

1. Kualitas isi dari website anda akan membantu anda untuk mendapatkan Pagerank yang lebih tinggi karena search engine memberikan prioritas untuk website yang memiliki isi yang berkualitas.
2. Keyword yang berhubungan dengan anchor text akan membimbing anda untuk mendapatkan Pagerank yang lebih tinggi.
3. Menaruh keyword utama di antara H1 tags atau highlighting keywords di seluruh isi website dengan bold, underline, atau italic juga sebuah ide yang bagus.
4. Hubungan antara keyword dengan website anda pada waktu search di lakukan.
5. Beberapa faktor lainnya seperti javascript, frame, outbound link, pop up dapat menurunkan Pagerank dari website anda, jadi jangan gunakan terlalu banyak faktor-faktor tersebut dalam website anda.
Disamping tips diatas masih banyak lagi cara-cara meningkatkan pagerank anda,namun pada intinya untuk meningkatkan pagerank adalah dengan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya.
Selamat mencoba..semoga pagerank blog anda meningkat.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

  1. makasih atas infonya gan..
    lagi mencoba agar trafiknya cepet naik ni..

  2. SATU UNTUK SEMUA Tips yang mantap mas bro ...., tapi kenapa Alexarank blog anda masih 'No data' ..... ?

Posting Komentar